(0362) 22547 disnaker@bulelengkab.go.id
Dinas Tenaga Kerja
4 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Semua Masyarakat  
Admin disnaker | 21 Februari 2019 | Dibaca 1973 kali

 

Jawabnya tentu saja ada. Hanya tentu saja peran pemerintah juga sangat diharapkan untuk mendukung mereka yang berusaha menciptakan lapangan kerja ini. Agar anda semangat untuk memulai membuka lapangan kerja baru, berikut cara mengatasi masalah pengangguranyang dapat dilakukan oleh masyarakat. Untuk itu anda yang pengangguran wajib tahu beberapa pekerjaan yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

1. Berternak

Berternak adalah salah satu cara mengatasi pengangguran yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Anda bisa mulai dengan jumlah ternak yang sedikit terlebih dahulu, disesuaikan dengan modal dan kapasitas tempat yang anda punya. Jika anda suka ayam, maka anda bisa menggunakan halaman belakang rumah untuk memulainya. Namun anda harus hati-hati karena bisa saja bau dari peternakan kecil anda akan mengganggu tetangga kiri dan kanan, lebih baik anda mempunyai lahan khusus yang jauh dari pemukiman warga.

Jika anda ingin memanfaatkan halaman belakang rumah, yang paling aman adalah beternak lele. Anda bisa membuat kolam permanen atau bisa juga membeli kolam yang sudah jadi sehingga mudah dipindah-pindah. Dari beternak lele ini setidaknya anda bisa merekrut 1 atau 2 orang sebagai asisten anda.

2. Berkebun

Berkebun adalah cara mengatasi pengangguran yang dapat dilakukan oleh masyarakat yang kedua. Jaman sekarang berkebun tidak usah mempunyai lahan berhektar-hektar, cukup halaman depan atau belakang saja sudah bisa digunakan untuk berkebun. Anda bisa memakai cara hidroponik untuk menghemat tempat. Banyak toko-toko online yang menawarkan produk bercocok tanam hidroponik ini, mulai dari bibit, media tanam, nutrisinya sampai ke cara-caranya.

Selain itu jika anda jago dalam berkebun, anda bisa juga membuat tabulampot dan menjualnya baik secara online ataupun offline. Mengingat lahan di perkotaan yang semakin sempit, pasti tabulampot akan laku karena hemat tempat dan tanamannya pun cepat berbuah.

3. Berjualan

Bagi anda yang jago berjualan, anda bisa menjadi reseller atau agen jika memproduksi sendiri terlalu berat. Walau menjadi reseller atau agen, tetap anda memerlukan asisten. Anda tentu tidak bisa melakukan sendiri ketika harus menyiapkan pengiriman dan melayani pelanggan dalam satu waktu.

4. Menjahit

Keterampilan menjahit yang anda punya bisa menjadi salah satu cara mengatasi pengangguran yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Anda bisa menerima jahitan atau memproduksi baju-baju sendiri dan menjualnya ke pasaran. Tentu jika usaha anda ini berkembang, maka anda bisa mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan anda. Atau bisa juga anda maklun kepada warga disekitar anda dengan bayaran perpotong.

Itulah empat cara mengatasi pengangguran yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Hal ini penting dilaksanakan karena semakin meningkatnya pengangguran akan berpotensi pada banyaknya pelanggaran komponen keteraturan sosial sosial yang terjadi dan tindakan dampak masalah sosial semakin  meningkat.

Share Berita Ini :