(0362) 22547
disnaker@bulelengkab.go.id
Dinas Tenaga Kerja

Penyebarluasan Informasi Bursa Tenaga Kerja (Job Fair)

Admin disnaker | 24 November 2014 | 3369 kali

                                 BAB I

 

                                        PENDAHULUAN

 

A.     latar Belakang

      Masalah pengangguran yang terjadi di Indonesia khususnya di Buleleng selama ini disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja, dimana setiap tahunnya jumlah pencari kerja semakin mengantisipasi terjadinya kesenjangan sosial khususnya dalam hal penyediaan lapangan kerja dipandang perlu untuk mencari terobosan-terobosan denganjalan menyelenggarakan kegitan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) di Kabupaten Buleleng guna memfasilitas pertemuan antara pencari kerja dengan penyedia Tenaga Kerja dan dari kegiatan tersebut dapat mempererat pertemuan antara pencari kerja dengan penyedia Tenaga Kerja (Perusahaan) yang dapat bertemu secara langsung sehinnga dapat mempercepat proses penempatan.

 

 

B.      Dasar Pelaksanaan

             Dasar yang digunakan untuk pelaksanaan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) adalah :

1.       Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Keternagakerjaan (Lembaran Negara   

  Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 39, Tambahan Lembaran Negara Republik  

  Indonesia Nomor 4279);

2.       Keputusan Presiden R.I. Nomor 4 Tahun 1980 tentang Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan di perusahaan

3.       Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi R.I. Nomor PER.07/MEN/IC/2008 tentang penempatan Tenaga Kerja

     

      c. maksud dan Tujuan

 

a.       Maksud

Maksud dilaksanakan kegiatan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) adalah untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pengguna Tenaga Kerja (Perusahaan) secara langsung,sehingga mempermudah proses penempatan baik untuk penempatan alam negeri maupun Luar Negeri.

b.       Tujuan

1.Memfasilitasi pencarian kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat,minat dan       

   kemampuannya.

2.Membantu pengguna Tenaga Kerja (Perusahaan) untuk mendapatkan Tenag Kerja yang  

   sesuai dengan kebutuhan perusahaanya.

3.Mengetahui trend/kecendrungan kualitas pencari kerja dan jenis pekerjaan serta lowongan pekerjaan yang tersedia.

4.Mengurangi angka penggurangan melalui peningkatan penempatan Tenag kerja.

 

C.  RUANG LINGKUP

Ruang lingkup kegiatan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) yaitu pendataan lowongan kerja dengan melakukan kunjungan ke Perusahaan,mengidentifikasi dan mendaftar perusahaan-perusahaan yang akan mengikuti Pameran bursa kerja, memfasilitasi pertemuan secara langsung antara pencari kerja dan pengguna Tenaga Kerja, dimana pengguna Tenaga Kerja menginformasikan lowongan kerja dan melakukan seleksi awal kepada pencari kerja,dan pencari kerja memilih lowongan kerja yang sesuai dengan baklat,minat dan kemampuannya,untuk selanjutnya menyampaikan surat lamaran dan mengikuti seleksi awal pada perusahaan yang diminatinya.

 

 

 

                                       

 

 

 

                                        BAB II

 

                            Sasaran Kegiatan

 

A.     Sasaran Kualitatif

Sasaran Kualitatif meliputi :

 

-          Pencari kerja memperoleh informasi lowongan kerja yang akurat dari perusahaan yang mengunakan tenaga kerja.

-          Pengguna Tenaga kerja mendapatkan Tenaga Kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan dan dapat terlaksana secara optimal.

 

B.     Sasaran Kuantitatif

Sasaran Kuantitatif meliputi :

-          Terkumpulnya informasi lowongan kerja dari 20 (dua puluh) perusahaan local maupun  

                               perusahaan pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS) di dalam maupun luar Negeri

 

                                                  

 

                                                   BAB III

 

                        PELAKSANAAN KEGIATAN DAN HASIL YANG DICAPAI

 

A.     Persiapan

            Persiapan yang dilakukan sebelum dimulainya kegiatan Pelaksanaan Pameran Job Fair meliputi :

 

1.       Penelitian DPA

2.       Pembentukan Panitia Pelaksana

3.       Rapat koordinasi persiapan dengan peserta

4.       Pengumpulan lowongan kerja dari perusahaan

5.       Membuat Brosur,Baliho,Spanduk dan Umbul-umbul untuk bahan promosi

6.       Promosi lewat media surat kabar dan media elektronik

 

B.     Pelaksanaan

Kegiatan pelaksanaan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 16 s/d 17 Juli 2014 di Gedung Mr. I Gusti Ketut Pudja, Eks. Pelabuhan Buleleng mulai pukul 09.00 WITA- 16.00 WITA.

 

 

C.     Hasil Yang Dicapai

               Pelaksanaan kegiatan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) yang berlangsung selama 2 (dua) hari diikutu oleh 20 (dua puluh) perusahaan yang terdiri dari berbagai sector dari unsure perbankan,finance,perdagangan umum,retail,spa therapist dan PPTKIS.

 

 

D.   Pencari Kerja

 

Pencari kerja yang mengunjungi Job Fair sebanyak 890 orang yang dikelompokkan laki-laki 531 orang,perempuan 359 orang dengan total 890 orang dengan tingkat Pendidikan SMA/SMK,Diploma dan Sarjana.

 

 

 

 

 

 

                        BAB IV

 

DUKUNGAN ANGGARAN

 

 

Kegiatan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Kabupaten Buleleng Tahun 2014 dengan pagu anggaran Rp. 136.180.000,- dengan rincian :

-          Belanja pegawai terdiri dari dari Honor Panitia dan Lembur sebesar Rp. 17.850.000,- perawatan kendaraan bermotor,belanja cetak,belanja sewa,belanja makanan dan minuman, dan perjalanan dinas sebesar Rp. 118.330.000,-

                Berikut foto dokumentasi pelaksanaan pameran Bursa Kerja (Job Fair) dari rapat persiapan,pelaksanaan dan penutupan sebagai berikut :