(0362) 22547
disnaker@bulelengkab.go.id
Dinas Tenaga Kerja

Manfaat Dari Madu Untuk Kesehatan

Admin disnaker | 12 Februari 2019 | 7137 kali

 

Manfaat Dari Madu Untuk Kesehatan

Madu merupakan salah satu hasil produksi yang asalnya dari hewan berjenis lebah. Saat ini madu  banyak dikenal oleh masyarakat luas lantaran manfaat dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Menariknya, manfaat dari madu sendiri sangatlah beragam dan berlimpah. Maka tidak heran jika jenis bahan yang satu ini banyak dipakai untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Di antara manfaat dari madu untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Membantu menjaga kesehatan pada kulit wajah
 

Manfaat dari madu yang pertama adalah untuk membantu menjaga kesehatan pada wajah manusia. Madu memang tidak sebatas dikenal sebagai bahan pemanis yang alami. Namun sudah terbukti bahwa madu mampu merawat kesehatan kulit, khususnya untuk kesehatan kulit wajah. Sudah sejak lama madu dipercaya sebagai formula ampuh penghilang jerawat. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan madu dengan beberapa formula atau bahan yang lain seperti jeruk nipis dan lain sebagainya. Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, madu ternyata juga ampuh untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit bagian wajah Anda.

  • Membantu menghilangkan batuk

Selain bermanfaat untuk merawat kesehatan wajah secara maksimal, madu ternyata juga ampuh untuk menghilangkan batuk. Manfaat madu dalam menghilangkan batuk ini bukan hanya isapan jempol, namun sudah terbukti dimana-mana digemari oleh masyarakat. Sebagai buktinya, ada beberapa penelitian yang dilakukan dan sudah terbukti bahwa madu memiliki kemampuan di dalam membantu menghilangkan batuk.

Di antara bukti fisiknya adalah sebuah jurnal yang dikeluarkan pada kisaran tahun 2007 yang berisi sebuah penelitian menggunakan sample anak-anak sejumlah 270 orang. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa orang yang meminum atau mengkonsumsi satu sendok madu sebelum tidur, maka itu akan dapat menurunkan gejala batuk yang diderita.

  • Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Madu juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya yang bisa dibilang cukup kompleks. Nutrisi yang dikandung oleh madu sendiri terdiri dari berbagai jenis vitamin dan berbagai jenis mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia. Sehingga bukanlah hal yang mengherankan apabila banyak dari para orang tua yang memilih madu untuk menjaga kekebalan tubuh anak-anak mereka. Tujuannya adalah untuk senantiasa menjaga kesehatan dari anak yang bersangkutan khususnya dalam meningkatkan stamina serta kekebalan tubuh.

  • Membantu membunuh bakteri

Selain itu, madu ternyata juga memiliki khasiat yang cukup ampuh di dalam membunuh aneka bakteri. Madu sendiri memang memiliki kandungan zat yang manfaatnya adalah melambatkan gerak bakteri untuk kemudian mematikan bakteri-bakteri tersebut. Tujuannya adalah tubuh Anda dapat dihindarkan dari berbagai jenis penyakit. Sebuah penelitian atau studi menunjukkan bahwa madu memang benar-benar efektif di dalam melenyapkan bakteri di dalam tubuh manusia. Misalnya saja adalah E, Coli, Salmonella, serta berbagai jenis bakteri yang lain. Oleh karenanya, manfaat serta khasiat dari madu yang sudah pasti dan tidak perlu dikhawatirkan lagi.