(0362) 22547
disnaker@bulelengkab.go.id
Dinas Tenaga Kerja

Lomba Pesantian Remaja Tingkat Kabupaten Buleleng serangkaian Hiburan Rakyat dan Pekan Apresiasi Seni HUT Kota Singaraja ke-415,

Admin disnaker | 24 April 2019 | 270 kali

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng dalam hal ini diwakili kepala bidang Hubungan Industrial Gede Santika SH hadir dalam acara serangkaian Hiburan Rakyat dan Pekan Apresiasi Seni HUT Kota Singaraja ke-415, acara yang di selengarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng diisi dengan Lomba Pesantian Remaja Tingkat Kabupaten Buleleng di GOR Bhuana Patra Singaraja pada Selasa (23/4)

Acara lomba Pesantian ini melibatkan grup pemuda-pemudi usia 13 s.d 21 tahun perwakilan dari seluruh kecamatan yang terdapat di Buleleng. Masing-masing grup terdiri dari 7 orang Sekeha Santi dan 10 orang Sekeha Geguntangan. Perlombaan berlangsung dua hari yakni hari pertama pada Selasa (23/4) dengan menampilkan peserta dari Kecamatan Sawan, Kecamatan Kubutambahan, Kecamatan Tejakula dan Kecamatan Buleleng. Sedangkan pada hari ke dua menampilkan peserta dari Kecamatan Gerokgak, Kecamatan Sukasada, Kecamatan Busungbiu, Kecamatan Seririt, dan Kecamatan Banjar.

Sebelum mulai berlomba, para peserta telah mendapat pembinaan dari Made Wirtana yang merupakan Penasehat Widhya Sabha, Made Gelgel yang merupakan Ketua Widya Sabha, dan dari Unsur Seniman Kabupaten Buleleng yakni Gusti Ngurah Putra. Adapun hadiah yang disiapkan dalam lomba ini adalah trophy, piagam penghargaan, serta dana pembinaan sesuai dengan peringkat yang diperoleh yakni Rp 8,5 juta untuk peringkat pertama, Rp 7,5 juta untuk peringkat kedua, dan Rp 6,5 untuk peringkat ketiga. Bagi peringkat ke empat sampai dengan ke sembilan masing-masing juga mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 5,5 juta.Pesantian adalah sekeha yang dibentuk sebagai wadah belajar untuk menyanyikan atau melantunkan Dharma Gita atau nyanyian kesucian dalam Agama Hindu seperti kekawin, kidung, maupun geguritan. Lantunan Dharma Gita diiringi oleh Gamelan Geguntangan.