(0362) 22547
disnaker@bulelengkab.go.id
Dinas Tenaga Kerja

Peringati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024 Disnaker Gelar Sosialisasi Teknik Pemadaman Kebakaran.

Admin disnaker | 30 Januari 2024 | 37 kali

Bertempat di ruang terbuka jalan pantai Penimbangan Desa Pemaron Kecamatan Buleleng Rabu 31/01/2024, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan Sosialisasi Teknik Pemadaman Kebakaran, Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024 . dengan mengambil tema “Budayakan K3, Sehat Dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”.

Momentum peringatan Bulan K3 ini sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak yang berpartisipasi aktif membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng juga bersinergi dengan Dinas Pemadam Kebakaran dalam menggelar simulasi teknik pemadam kebakaran ini sebanyak 147 orang peserta dari 34 perusahan di Kabupaten Buleleng dilibatkan dalam kegiatan ini.

hadir sekaligus membacakan Berbagai Menteri Ketenagakerjaan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ir Ketut Lihadnyana ,M.M.A,Disampaikan bahwa salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang baik, dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Melalui berbagai hal tersebut Pj Bupati juga mengajak seluruh pemangku kepentingan melakukan koordinasi, sinergi dan kolaborasi dalam upaya meningkatkan kemandirian K3 di setiap dengan terus menggelorakan K3 di setiap kesempatan. Peningkatan koordinasi, sinergi dan kolaborasi tersebut dilaksanakan baik pada tingkat nasional, regional dan internasional pada forum-forum K3 yang strategis.

Diharapkan seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum maupun industri, para cendekiawan, akademisi, organisasi profesi, asosiasi dan pihak terkait lainnya dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan masyarakat K3 sehingga tercipta terlaksananya K3 secara mandiri dan dapat mendukung kebijakan K3 nasional, sehingga tercapai tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat menuju kecelakaan nihil guna peningkatan produktivitas nasional dapat segera terwujud secara nyata.

Ucapan terima kasih juga di sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi serta pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi serta aktif dalam mengembangkan, mempromosikan serta membudayakan K3.

Di akhir Sambutan Pj Bupati Buleleng berpesan agar seluruh perusaan yang ada di Kabupaten Buleleg berperan aktif dan harus mendaftarkan pekerjanya pada jaminan sosial ketenagakerjaan selanjutnya Pj Bupati secara resmi membuka Sosialisasi Teknik Pemadam Kebakaran.

Sementara Itu Sebagai penyelenggara kegiatan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng Drs.Komang Sumerta Jaya Menyampaikan, Penyelenggaraan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja atau akibat penyakit yang mengakibatkan terjadinya demotivasi dan defisiensi produktivitas kerja. 

Kesehatan Kerja adalah suatu kondisi Kesehatan yang bertujuan agar masyarakat pekerja memperoleh derajat Kesehatan setinggi-tingginya, baik jasmani, rohani maupun sosial, dengan usaha pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit atau gangguan Kesehatan yang disebabkan oleh pekerjaan dan lingkungan kerja maupun pen yakit umum. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran dan penerapan K3 di berbagai sektor serta menjamin melindungi sumber daya manusia dalam bekerja.

Turut hadir pada kesempatan ini inspektur,Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Bali seluruh OPD terkait, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Penyelenggara Jaminan Kesehatan ,Babinsa,Babinkamtibnas, Apindo,SPSI dan undangan terkait lainnya.